Masih belum menemukan apa yang Anda cari? Masukkan kata kunci pencarian Anda untuk mencari artikel yang ada di Blog ini:
Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. (Matius 6:33)

e diel

Sumanto Sang Kanibal

Bacaan Efesus 4:22-24; 1 Petrus 5:8

“Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya”

Pada bulan Januari 2003 yang lalu, kita dikejutkan oleh aksi seorang kanibal atau pemakan daging manusia asal desa Plumutan, Purbalingga, Jawa Tengah. Kebiasaannya yang bisa dibilang langka, membuat orang takut mendengarnya. Betapa tidak, laki-laki usia tiga puluhan tahun itu tanpa memakai bantuan alat penggali, berani menggali kuburan seorang nenek yang baru meninggal dan tanpa rasa jijik sedikitpun memakan sebagian mayat itu mentah-mentah dan sebagian lagi digoreng. Ia bahkan sempat memberikan daging mayat yang sudah dimasak itu kepada ayahnya yang dikatakan bahwa itu adalah daging kambing. Setelah diselidiki, ternyata kebiasaannya itu bukan yang pertama kali dilakukannya. Ia mengaku pernah menggali sebuah kuburan sebelumnya. Di rumahnya yang sangat sederhana, polisi juga menemukan beberapa pakaian yang bukan miliknya. Diperkirakan itu adalah pakaian orang-orang yang telah dibunuh dan dimakan dagingnya. Ia juga mengaku pernah membunuh dua orang yang bermaksud merampoknya lalu kemudian memakan daging mereka. Orang-orang yang mengenalnya mengatakan bahwa lelaki kanibal yang bernama Sumanto itu mempunyai kebiasaan aneh selain memakan daging manusia. Ketika masih berada di Lampung, ia suka membunuh anjing dan memakan dagingnya mentah-mentah. Pada saat di tahanan pun, ia menangkap cicak yang ada di ruang tahanan serta memakannya mentah-mentah.

Sumanto kini harus mempertanggungjawabkan perbuatannya di depan polisi. Setelah melalui pemeriksaan kejiwaan, tidak ditemukan suatu kelainan jiwa yang menyebabkan dia melakukan itu. Menurut pengakuannya, ia mau melakukan itu karena memenuhi tuntutan ilmu yang sedang dipelajarinya karena Sumanto dikenal sebagai orang yang suka mempelajari ilmu-ilmu gelap. Ia mengaku memiliki kesaktian dan punya banyak jimat. Ia mengatakan kalau sudah memakan daging manusia dalam jumlah yang ditentukan, maka ia akan menjadi segera kaya raya, kebal dan bisa menghidupkan orang mati.

Kisah Sumanto memberikan kepada kita pelajaran yang sangat berharga agar kita: Jangan bermain-main dengan kuasa kegelapan. Iblis tidak pernah merencanakan keuntungan dan hidup bahagia bagi kita. Dia penipu dan ia akan berusaha memperbudak kita untuk melakukan perbuatan-perbuatan keji dan menjijikan. Meskipun ia menawarkan keuntungan, tetapi akhir dari semua itu adalah kehancuran.

Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya. Lawanlah dia dengan iman yang teguh” (1 Petrus 5:8-9a). Jadi kuasailah dirimu dalam segala hal, jangan dikuasai ambisi sehingga kita rela melakukan apa saja untuk memenuhi ambisi kita.

Doa: Bapa, tuntun aku senantiasa agar aku tidak memberi kesempatan pada Iblis untuk menipu dan memperhambaku. Berilah aku penguasaan diri dalam segala hal sehingga aku tetap berjalan dalam kebenaranMu. Dalam nama Yesus aku berdoa. Amin.

Nuk ka komente:

Buku Tamu

Waktu saat ini menunjukkan :

 

Dan Kamu adalah pengunjung ke :

Firman Tuhan Untuk Anda

"Akulah roti hidup yang telah turun dari sorga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia." (Yohanes 6:51)




Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku sama seperti Bapa mengenal Aku dan Aku mengenal Bapa, dan Aku memberikan nyawa-Ku bagi domba-domba-Ku. (Yohanes 10:14-15)




“Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.” (Yohanes 14:6)




Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya" (Yohanes 11:25-26)




Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu. (Yohanes 15:16)




“Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakan lah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.” (Filipi 4:6-7)




-----000000------00000------00000---------

Doa Untuk Anda

Apakah Anda Ingin mendapat kiriman text Doa-Satu-Menit setiap hari ? Kirim Email Kosong ke : doa-satu-menit-subscribe@yahoo.com

Jika Kamu di Surabaya, Stay Tuned at

  • Bahtera Yuda at 96.4 MHz
  • Bethany FM at 93.8 MHz
  • Nafiri FM at 107.10 MHz
Online Reference
Dictionary, Encyclopedia & more
Word:
Look in: Dictionary & thesaurus
Computing Dictionary
Medical Dictionary
Legal Dictionary
Financial Dictionary
Acronyms
Idioms
Wikipedia Encyclopedia
Columbia Encyclopedia
Periodicals
Literature
by: