Masih belum menemukan apa yang Anda cari? Masukkan kata kunci pencarian Anda untuk mencari artikel yang ada di Blog ini:

e enjte

BERIBADAHLAH DENGAN TULUS DAN RELA HATI

Bacaaan : I Tawarikh 28:1-10


“Kenallah Allahnya Ayahmu dan beribadahlah kepadaNya dengan tulus ikhlas, sebab TUHAN menyelidiki segala hati dan mengerti segala niat dan cita-cita”. Firman itu disampaikan Daud kepada anaknya, Raja Soleiman (Salomo).

Dari nasehat Daud itu ada beberapa hal penting yang dapat dipetik dari makna IBADAH, yakni :

Pertama, IBADAH harus disertai dengan KETULUSAN HATI. Ketulusan menunjukkan suasana batin yang bersih, tidak berprasangka. Kedua, IBADAH diikuti oleh sikap KERELAAN HATI. Kerelaan yang dimaksudkan adalah tidak melakukan sesuatu berdasarkan pamrih, tidak bertujuan menguntungkan diri, bebas dari paksaan orang lain, tetapi berdasarkan kerinduan kepada TUHAN, Allah kita.

Ketiga, Daud memperingatkan Soleiman, anaknya bahwa TUHAN :

  1. Menyelidiki segala hati
  2. Mengerti segala niat
  3. Mngerti segala cita-cita

Dengan kata lain, “hati-niat-cita-cita” adalah motivasi, keinginan dan tujuan. Ketiga unsur itu amat mempengaruhi manusia dalam melaksanakan dan menyelenggarakan Ibadah. Ketiga faktor itu pula terkait pada sikap TULUS dan RELA HATI dari pelaku ibadah.

Nasehat Daud itu bersifat umum, artinya : jika orang Kristen mengakui ALKITAB “adalah” FIRMAN ALLAH, ia berikrar di dalam hatinya untuk melakukan nasehat Daud.

Sebab apa yang dikatakan Daud itu diilhami oleh ROH ALLAH.

Dengan demikian, ketulusan motivasi yang mengalir dari kerelaan hati akan menciptakan nuansa kedamaian untuk menyembah TUHAN, Allah kita. Tujuan (cita-cita) manusia melaksanakan ibadah : menyembah dan memuliakan Allah, sedangkan tujuan Allah melakukan karyaNya adalah membawa manusia ke dalam persekutuan dengan diriNya. Dalam persekutuan dengan Allah, manusia mencapai harapan yang dicita-citakan.

Amien.

0 komentar:

Doa Untuk Anda

Apakah Anda Ingin mendapat kiriman text Doa-Satu-Menit setiap hari ? Kirim Email Kosong ke : doa-satu-menit-subscribe@yahoo.com
Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. (Matius 6:33)

Jika Kamu di Surabaya, Stay Tuned at

  • Bahtera Yuda at 96.4 MHz
  • Bethany FM at 93.8 MHz
  • Nafiri FM at 107.10 MHz

Firman Tuhan Untuk Anda

"Akulah roti hidup yang telah turun dari sorga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia." (Yohanes 6:51)




Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku sama seperti Bapa mengenal Aku dan Aku mengenal Bapa, dan Aku memberikan nyawa-Ku bagi domba-domba-Ku. (Yohanes 10:14-15)




“Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.” (Yohanes 14:6)




Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya" (Yohanes 11:25-26)




Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu. (Yohanes 15:16)




“Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakan lah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.” (Filipi 4:6-7)




-----000000------00000------00000---------