Masih belum menemukan apa yang Anda cari? Masukkan kata kunci pencarian Anda untuk mencari artikel yang ada di Blog ini:
Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. (Matius 6:33)

e premte

Kita Adalah Anak-anak Allah

http://oneyearbible.blogs.com/photos/uncategorized/child_of_god.jpg

Siapakah kita? Kita adalah anak-anak Allah. Potensi kita tidaklah terbatas. Warisan kita adalah kudus.

Baru-baru ini saya mengamati remaja putra yang menarik perhatian kepada diri mereka sendiri karena gaya berpakaian dan penampilan mereka yang ekstrem. Salah seorang membuat yang membuka mata ketika dia berkata, "Saya sedang berusaha mencari tahu siapa diri saya sebenarnya." Ini terjadi setelah saya pulang dari pertemuan Gereja di mana anak-anak Pratama telah menyanyikan "Aku Anak Allah."1 Pengalaman yang demikian bertentangan menekankan pentingnya mengetahui bahwa kita secara harfiah adalah anak-anak Allah.

Kita adalah mahkluk ganda. Setiap jiwa terdiri dari tubuh dan roh,2 yang keduanya berasal dari Allah. Pemahaman yang teguh tentang tubuh dan roh akan membentuk pikiran dan perbuatan kita untuk kebaikan.

TUBUH

Keajaiban dari tubuh jasmani kita sering terabaikan. Siapa yang belum pernah mengalami perasaan rendah diri karena keadaan fisik atau penampilan? Banyak orang berharap tubuh mereka dapat menjadi lebih seperti yang mereka inginkan. Beberapa orang dengan rambut lurus yang alami ingin rambutnya keriting. Orang lainnya yang berambut keriting menginginkannya lurus. Kadang-kadang beberapa wanita, percaya bahwa "pria lebih suka yang berambut pirang," menjadi "pirang berdasarkan pilihan."

Tubuh anda, apa pun karunia-karunia alaminya, adalah ciptaan Allah yang amat hebat.3 Tubuh adalah sebuah tabernakel dari daging--sebuah bait suci bagi roh anda.4 Sebuah penelaahan mengenai tubuh anda membuktikan rancangan ilahinya.

Pembentukan dimulai dengan penyatuan dua sel reproduksi--satu dari ibu dan satu dari ayah. Bersama-sama, kedua sel itu mengandung semua informasi keturunan individu yang baru itu, disimpan di dalam sebuah tempat yang sedemikian kecilnya sehingga tidak dapat terlihat oleh mata telanjang. Dua puluh tiga kromosom dari masing-masing orang tua bersatu dalam satu sel yang baru. Kromosom-kromosom ini berisikan ribuan gen yang menentukan semua sifat jasmani dari orang yang belum dilahirkan itu. Kira-kira 22 hari setelah kedua sel ini bergabung, sebuah jantung kecil mulai berdetak. Pada usia 26 hari, darah mulai mengalir. Sel-sel berlipat ganda dan terbagi. Beberapa menjadi mata yang melihat; yang lainnya menjadi telinga yang mendengar.

Setiap organ tubuh adalah karunia ajaib dari Allah. Mata memiliki lensa yang berfokus sendiri. Syaraf dan otot mengendalikan dua mata yang terpisah untuk membuat satu bayangan tiga dimensi. Mata itu dihubungkan ke otak, yang mencatat pemandangan yang dilihat. Tidak ada kabel atau batu baterai yang dibutuhkan.

Setiap telinga dihubungkan ke peralatan mungil yang dirancang untuk mengubah gelombang suara menjadi nada yang bisa didengar. Sebuah gendang telinga menjadi sebuah diafragma. Tulang-tulang telinga yang besar memperbesar getaran suara dan meneruskan signal lewat syaraf ke otak, yang mengenali dan mengingat suara-suara itu.

Jantung adalah pompa yang luar biasa. Jantung memiliki empat katup halus yang mengendalikan arah aliran darah. Katup-katup ini membuka dan menutup lebih dari 100,000 kali sehari--36 juta kali setahun. Meskipun demikian, kecuali diubah oleh penyakit, katup-katup itu sanggup menerima stres hampir tanpa batas. Tidak ada bahan buatan manusia yang telah dikembangkan sampai hari ini dapat ditegangkan sesering dan selama itu tanpa menjadi rusak.

Setiap hari jantung orang dewasa memompa cukup cairan untuk mengisi tangki ukuran 2.000 galon.5 Pekerjaan ini setara dengan mengangkat orang dewasa6 ke puncak gedung Empire State sementara hanya menggunakan tenaga kira-kira empat watt. Pada puncak jantung ada sebuah generator listrik yang mengalirkan energi melalui saluran-saluran khusus, menyebabkan jutaan serat otot bekerja bersama.

Banyak yang dapat dikatakan tentang setiap organ berharga lainnya dari tubuh. Mereka berfungsi dengan cara yang ajaib, di luar kurun waktu dan kemampuan saya untuk menjabarkannya.

Atribut-atribut lain dari tubuh adalah sama menakjubkannya, meskipun kurang terlihat. Misalnya, cadangan disediakan. Setiap organ tubuh yang berpasangan memiliki cadangan dari anggota pasangannya. Organ-organ tubuh tunggal, seperti otak, jantung, dan hati, dipelihara oleh dua jalur penyalur darah. Rancangan ini melindungi organ itu jika masalah terjadi di salah satu salurannya.

Pikirkan tentang sistim kekebalan tubuh. Untuk melindunginya dari gangguan, tubuh memberi tanda sakit. Sebagai tanggapan terhadap infeksi, tubuh menghasilkan antibodi. Mereka bukan saja menolong memerangi masalah yang sedang dihadapi, tetapi mereka terus-menerus memperkuat ketahanan terhadap infeksi di masa depan. Suatu hari perhatian saya tertuju pada anak-anak usia tiga tahun yang menjilat air dari selokan jalan. Jumlah bakteri yang mereka cerna seharusnya tidak terhitung jumlahnya, tetapi tak satu pun dari anak-anak itu jatuh sakit. Begitu air kotor itu masuk ke masing-masing perut yang kecil, asam hidrokloriknya mulai bekerja untuk membersihkan air tadi dan melindungi nyawa anak itu.

Kulit menyediakan perlindungan. Kulit juga memperingatkan adanya luka yang mungkin disebabkan oleh panas atau dingin yang berlebihan. Kulit bahkan mengirimkan tanda-tanda yang memberitahu adanya masalah di tempat lain. Dengan demam, kulit berkeringat. Ketika seseorang ketakutan, kulit menjadi pucat. Ketika seseorang merasa malu, kulit memerah.

Tubuh memperbaiki dirinya sendiri. Tulang yang patah menjadi pulih dan kuat lagi. Koyakan kulit menutup sendiri. Kebocoran dalam sirkulasi dapat menutup sendiri.

Tubuh memperbaharui sel-selnya yang kadaluarsa. Rata-rata sel darah merah, misalnya, hidup kira-kira 120 hari. Lalu digantikan oleh sel yang baru dibentuk.

Tubuh mengatur bahan-bahan pentingnya sendiri. Unsur-unsur penting dan bahan-bahan kimia diatur terus menerus. Dan terlepas dari besarnya fluktuasi suhu lingkungan, suhu tubuh dengan cermat dikendalikan dalam batasan yang sempit.

Jika kualitas fungsi, pertahanan, perbaikan, penggantian, dan pengaturan normal ini bertahan terus menerus, hidup di sini akan berlanjut tanpa batas. Dengan penuh belas kasihan, Pencipta kita menyediakan proses penuaan dan proses lainnya yang akhirnya mengakibatkan kematian jasmani. Kita sering berpikir mengenai kematian sebagai tidak pada waktunya atau tragis. Tetapi kematian, seperti kelahiran, adalah bagian dari kehidupan. Tulisan suci membeirtahu kita bahwa, "tidaklah perlu bahwa manusia diselamatkan dari kematian jasmani ini, karena hal itu akan menghancurkan rencana kebahagiaan yang besar."7 Untuk kembali kepada Allah melalui gerbang kematian merupakan sukacita bagi mereka yang mengasihiNya.8

Ketika kematian mengambil seseorang pada masa prima hidupnya, kita terhibur mengetahui bahwa semua hukum sama yang tidak memungkinkan kehidupan bertahan di sini adalah hukum-hukum sama yang akan diberlakukan pada saat kebangkitan, ketika tubuh akan dianugerahi dengan kebakaan.

ROH

Berikutnya saya berbicara tentang roh. Sebelum kehidupan fana kita di sini, setiap putra dan putri roh hidup bersam

a Allah. Roh itu kekal; roh ada dalam kesucian di pra kehidupan9 dan akan tetap ada setelah tubuhnya mati.10 Roh menyediakan bagi tubuh semangat dan kepribadian.11 "Semua roh adalah zat, tetapi hal itu lebih halus atau murni."12 "Roh manusia [ada] dalam kesamaan dengan orangnya."13 Yesus

menjelaskan demikian, ketika saudara lelaki Yared melihat tubuh Tuhan sebelum kehidupan fanaNya:

"Tahukah engkau bahwa engkau diciptakan menurut rupaKu sendiri? Ya, bahkan semua manusia diciptakan pada permulaan menurut rupaKu sendiri.

" . . . Tubuh ini, yang engkau lihat sekarang adalah tubuh rohKu dan manusia telah Aku ciptakan menurut tubuh rohKu; dan bahkan sebagaimana Aku menampakkan diri kepadamu secara roh, demikianlah Aku akan menampakkan diri kepada umatKu secara daging

."14 Pertumbuhan roh memiliki konsekuensi kekal. Atribut-atribut yang melaluinya kita akan dihakimi suatu hari kelak adalah yang berasal dari roh.15 Ini mencakup kebajikan-kebajikan berupa integritas, belas kasihan, kasih, dan banyak lagi.16 Roh anda, yang tinggal dalam tubuh anda, sanggup mengembangkan dan menyatakan atribut-atribut ini dalam cara-cara yang hakiki bagi kemajuan kekal anda.17

Roh

dan tubuh, ketika digabungkan, menjadi jiwa hidup yang bernilai ilahi. Memang, kita adalah anak-anak Allah--secara jasmani dan rohani. KETERBA

TASAN JASMANI

Untuk alasan-alasan yang biasanya tak diketahui, beberapa orang dilahirkan dengan keterbatasan jasmani. Bagian-bagian tertentu dari tubuh mungkin tidak normal. Sistim pengaturannya mungkin tidak seimbang. Dan semua tubuh kita tunduk pada penyakit dan kematian. Meskipun demikian, karunia tubuh jasmani sangatlah berharga. Tanpanya, kita tidak bisa memperoleh kegenapan sukacita.

18 Tubuh yang sempurna tidaklah dibutuhkan untuk mencapai tujuan akhir yang ilahi. Bahkan, beberapa roh yang paling manis tinggal dalam tubuh yang lemah. Kekuatan rohani yang besar sering dikembangkan oleh mereka dengan tantangan-tantangan jasmani justru karena ditantang. Orang-orang yang demikian berhak atas segala berkat yang Allah sediakan bagi anak-anakNya yang setia dan patuh.19

Pada akhirnya waktunya akan tiba ketika setiap "roh dan tubuh akan disatukan kembali kepada bentuk . . . yang sempurna; baik anggota badan maupun sendi akan dipulihkan kepada bentuk asalnya."20 Lalu, terima kasih kepada korban tebusan Yesus Kristus, kita dapat menjadi disempurnakan di dalam Dia.21

PERILAKU PRIBADI

Bagaimana kebenaran ini seharusnya mempengaruhi perilaku pribadi kita? Kita seharusnya dengan syukur mengakui Allah sebagai Pencipta kita. Kalau tidak, kita akan sama bersalahnya dengan ikan emas yang berenang dalam pasu, melupakan kebaikan pemelihara mereka. "Kamu harus berterima kasih kepada Allah," kata Tuhan, "untuk berkat apa pun yang diberikan kepadamu."22 Dan kita dapat mempraktekkan kebajikan dan kekudusan di hadapan Dia terus menerus.23

Kita akan menganggap tubuh kita sebagai bait suci kita sendiri.24 Kita tidak akan membiarkannya dikotori atau dicemari dengan cara apa pun. Kita akan mengendalikan makanan dan olahraga kita demi kebugaran jasmani.25

Tidakkah perhatian yang setara seharusnya diberikan pada kebugaran rohani?26 Sama seperti kekuatan jasmani membutuhkan olahraga, demikian pula kekuatan rohani membutuhkan usaha. Di antara yang paling penting dari olahraga rohani adalah doa. Doa menghasilkan keserasian dengan Allah dan sebuah hasrat untuk mematuhi perintah-perintahNya. Doa adalah kunci bagi kebijaksanaan, kebajikan, dan kerendahan hati.

Kita akan berhati-hati tentang nasihat mana yang kita indahkan. Banyak yang menyebut diri pakar memberi nasihat untuk tubuh--tanpa pemikiran terhadap rohaninya. Siapa saja yang menerima petunjuk yang bertentangan dengan Kata-kata Bijaksana, misalnya, mengabaikan hukum yang diwahyukan untuk mendatangkan baik berkat jasmani maupun rohani.27 Beberapa rekomendasi berkenaan dengan penggunaan organ reproduksi kita hanyalah dilandaskan--dan secara tidak memadai--pada pertimbangan jasmani. Waspadailah pandangan sepihak seperti itu! Paulus mengajarkan bahwa "jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi jika oleh Roh kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup."28

Peringatan itu berlaku juga terhadap pornografi, yang amat menyebabkan kecanduan. Peringatan tulisan adalah jelas: "Sebab itu hendaklah dosa jangan berkuasa lagi di dalam tubuhmu yang fana, supaya kamu jangan lagi menuruti keinginannya."

29 Pada saatnya, kecanduan memperbudak baik jasmani maupun rohani. Pertobatan penuh dari kecanduan ini paling baik dilakukan dalam kehidupan ini, selagi kita masih memiliki tubuh fana untuk menolong kita. Sebagai anak-anak Allah, kita seharusnya tidak membiarkan apa pun

memasuki tubuh yang mungkin menajiskannya. Untuk membiarkan indra penglihatan, peraba, atau pendengaran mengisi otak dengan memori yang kotor merupakan suatu pencemaran hal yang kudus. Kita akan menjunjung kemurnian aklak kita dan menghindari "berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan."

30 Kita akan "[men]jauhi . . . semuanya itu, [menge]jar . . . keadilan, ibadah, kesetiaan, kasih, kesabaran dan kelembutan"31--sifat-sifat yang memperteguh seluruh jiwa. Siapakah kita? Kita adalah anak-anak Allah.32 Po

tensi kita tidaklah terbatas. Warisan kita adalah kudus. Semoga kita selalu menghargai warisan itu--dalam setiap pikiran dan perbuatan--saya berdoa dalam nama Yesus Kristus, amin.

CATATAN

1. Lihat Nyanyian Rohani, no. 144.
2. Lihat A&P 88:15.
3. Lihat Russell M. Nelson, "The Magnificence of Man," Ensign, Jan. 1988, hlm. 64­69. Pemazmur menyatakan: "Jika aku melihat langitMu, buatan jariMu, bulan dan bintang-bintang yang Kautempatkan: apakah manusia, sehingga Engkau mengingatnya? . . . Namun Engkau telah membuatnya hampir sama seperti Allah, dan telah memahkotainya dengan kemuliaan dan hormat" (Ams. 8:3­5; lihat juga Ibr. 2:7, 9).
4. Lihat I Kor. 6:19.
5. Sekitar 7.570 liter.
6. Seberat 68, 2 kilograms.
7. Alma 42:8; lihat juga Alma 12:24­27
8. Pemazmur menyatakan pandangan Yang Ilahi: "Berharga di mata Tuhan kematian semua orang yang dikasihiNya" (Mazmur 116:15).
9. Lihat A&P 93:38.
10. Lihat Alma 40:11; Abraham 3:18.
11. Lihat Ayub 32:8.
12. A&P 131:7.
13. A&P 77:2.
14. Eter 3:15­16.
15. Roh, bukan tubuh, adalah komponen jiwa yang aktif dan bertanggung jawab. Tanpa roh, tubuh adalah mati (lihat Yakobus 2:26). Adalah roh, karenanya, yang memilih baik atau jahat dan akan dianggap bertanggung jawab atas baik atribut yang positif maupun yang negatif yang dimilikinya pada saat penghakiman terakhir (lihat Alma 41:3­7).
16. Seperti "iman, kebajikan, pengetahuan, kesederhanaan, kesabaran, kasih persaudaraan, hidup yang saleh, murah hati, rendah hati, [dan] ketekunan" (A&P 4:6).
17. Lihat 2 Nefi 2:11­16, 21­26; Moroni 10:33­34.
18. Lihat Mutiara yang Sangat Berharga, Joseph F. Smith--Penglihatan 1:17.
19. Lihat Abraham 3:25­26.
20. Alma 11:43; lihat juga Alma 40:23; Pengkhotbah 12:7; Mutiara yang Sangat Berharga, Joseph F. Smith--Penglihatan 1:17.
21. Lihat Moroni 10:32.
22. A&P 46:32.
23. Lihat A&P 46:33.
24. Lihat I Korintus 3:16.
25. Merujuk pada tubuh manusia, Rasul Paulus mengajarkan: "Jika ada orang yang membinasakan bait Allah, maka Allah akan membinasakan dia. Sebab bait Allah adalah kudus dan bait Allah itu ialah kamu" (I Korintus 3:17).
26. Lihat I Korintus 9:24­27; Ibr. 12:9.
27. Lihat A&P 89:18­21; lihat juga Roma 8:6; 2 Nefi 9:38­39; A&P 29:34­35.
28. Roma 8:13.
29. Roma 6:12.
30. I Timotius 6:9.
31. I Timotius 6:11. Ayat 12 melanjutkan: "Bertandinglah dalam pertandingan iman yang benar dan rebutlah hidup yang kekal." Itu adalah pilihan kita.
32. Melihat rujukan tulisan suci yang merujuk pada mencipta atau membentuk (atau turunan katanya), ada kata orang, manusia. pria, atau wanita di ayat yang sama. Saya mendapatkan 55 contoh yang membuktikan penciptaaam ilahi kita. Satu mungkin mewakili banyak ayat yang menyampaikan pesan serupa: "Maka para Allah berunding di antara Mereka sendiri dan mengatakan: Mari Kita turun dan menjadikan manusia seperti rupa Kita, yang mirip Kita. . . . Maka demikianlah para Allah itu turun untuk mengatur manusia menurut rupa Mereka, dalam rupa Mereka, dalam rupa para Allah itulah Mereka membentuknya, laki-laki dan perempuan dijadikan Mereka" (Abraham 4:26­27).
Keputusan untuk percaya bahwa penciptaan kita adalah ilahi haruslah didasarkan pada bukti rohani dan bukan pada bukti jasmani semata, karena "manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan ia tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani" (1 Korintus 2:14).

Nuk ka komente:

Buku Tamu

Waktu saat ini menunjukkan :

 

Dan Kamu adalah pengunjung ke :

Firman Tuhan Untuk Anda

"Akulah roti hidup yang telah turun dari sorga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia." (Yohanes 6:51)




Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku sama seperti Bapa mengenal Aku dan Aku mengenal Bapa, dan Aku memberikan nyawa-Ku bagi domba-domba-Ku. (Yohanes 10:14-15)




“Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.” (Yohanes 14:6)




Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya" (Yohanes 11:25-26)




Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu. (Yohanes 15:16)




“Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakan lah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.” (Filipi 4:6-7)




-----000000------00000------00000---------

Doa Untuk Anda

Apakah Anda Ingin mendapat kiriman text Doa-Satu-Menit setiap hari ? Kirim Email Kosong ke : doa-satu-menit-subscribe@yahoo.com

Jika Kamu di Surabaya, Stay Tuned at

  • Bahtera Yuda at 96.4 MHz
  • Bethany FM at 93.8 MHz
  • Nafiri FM at 107.10 MHz
Online Reference
Dictionary, Encyclopedia & more
Word:
Look in: Dictionary & thesaurus
Computing Dictionary
Medical Dictionary
Legal Dictionary
Financial Dictionary
Acronyms
Idioms
Wikipedia Encyclopedia
Columbia Encyclopedia
Periodicals
Literature
by: